Wakaf

AAMIL DF membantu mengkoordinir para muwakif untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur prasarana wakaf. Pembangunan prasarana wakaf diantaranya adalah Masjid, Musholla, Sekolah Agama, Surau, dsb. Dana wakaf yang diterima akan disalurkan oleh AAMIL DF dengan memprioritaskan kepada manfaat yang lebih umum dan pendidikan.

Catatan penting:
Ijab qabul wakaf: ijma ulama bersepakat wakaf harus di sampaikan dengan perkataan yang cukup sebagai wakaf oleh muwakif kepada nazhir, ulama mengibaratkan hal ini seperti ijab qabul dalam jual beli. Bahkan dalam prakteknya untuk menghindari konflik dan kepentingan, negara meminta muwakif untuk membuatkan akta/pernyataan wakaf dengan saksi yang diperlukan dan dengan niat lillahi taala, sehingga kedepannya harta yang diwakafkan ini mendapatkan keberkahan dari pihak-pihak yang kemudian memperselisihkannya.
Wasiat: wasiat adalah berbeda dengan berandai suatu saat, jika seorang fulan sudah menyampaikan akan berwakaf harta yang dimilikinya, maka jumhur ulama menyatakan hal ini sah, begitu juga jika wakaf tersebut sudah disampaikan sebelum kematian fulan, jumhur bersepakat hal ini sah selama tidak lebih dari 1/3 dari harta yang ditinggalkan kepada waris.

Lafadz wakaf:
bismillahirrahmanirrahim, saya lillahi taala (memberhentikan hak kepemilikan saya) dan mewakafkannya di jalan Allah.

WAKAF KHAS (KHUSUS)

Wakaf khas berkaitan dengan jumlahnya yang besar, wasiat ataupun harta adat yang diwakafkan fii sabilillah untuk pengembangan yang peruntukannya khusus misal tanah/gedung untuk WAKAF DARULFUNUN, ataupun tanah/gedung untuk Masjid yang diminta penyaluran dan pengawasannya kepada AAMIL DF, dsb.

YAYASAN DARULFUNUN di wakilkan oleh AAMIL mengelola pengumpulan wakaf secara umum, sedangkan wakaf yang dirasa perlu, baik oleh Muwakif (yang akan mewakafkan) ataupun dirasa perlu oleh Nazir (penanggung jawab wakaf), dapat/harus diserahkan dengan menyertakan surat pernyataan/perjanjian penyerahan wakaf. Untuk lebih lengkapnya muwakkif dapat menghubungi AAMIL untuk perkara tersebut.

Link:

Progres pembangunan: